Kenali Manfaat Dan Bahaya Kopi

Kalian penikmat Kopi? Ketahui manfaat dan bahayanya juga 10 fakta tentang kopi.



fkmmc.blogspot.com Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan kopi. Apalagi jika dikaitkan dengan kebiasaan dan budaya kita yang terkenal dengan kebiasaan kongkow atau berkumpul bersama kelurga atau kerabat, biasanya  ditemani dengan cemilan dan seduhan kopi panas. Meskipun sekarang memang suudah banyak teknik penyeduhan dan penyajian kopi yang yang dikembangkan para penikmat kopi, karena sekarang kopi tidak selalu dihidangkan dalam keadaan panas. Baik dihidangkan dengan campuran es atau tambahan susu dan krimmer cair tapi tetap kopi menjadi salah satu hidangan  pilihan saat sedang berkumpul dengan kerabat.

Minuman yang dipercaya bisa menghilangkan rasa kantuk ini juga sangat mudah kita temui bahkan selain di rumah. Sekarang telah banyak pengusaha yang membuka usaha gerai kopi di pelosok negri. Mulai dari kelas premium yang dibuka di Mall sampai kelas menengah kebawah yang kita kenal dengan Warkop (warung kopi). Apalagi setelah releas film Filosofi Kopi , maka banyak anak muda belajar menjadi seorang penyaji kopi handal yang kemudian kita kenal dengan nama Barista.

Tapi tahukah kalian, ternyata kopi punya banyak manfaat bagi tubuh kita selama dikonsumsi tidak secara berlebihan. Karena didalam kopi terdapat kandungan kafein, yaitu senyawa kimia alkoholid yang dikenal dengan senyawa triemetilsantin yang dipercaya baik bagi kesehatan. Dikutip dari majalah.ottencoffee.co.id bahwa manusia dewasa bisa menerima asupan kafein dalam batas wajar yaitu 400 mili gram kafein. Itu berarti sekitar 4 cangkir kopi hitam.  Tetapi tidak sama untuk wanita hamil. Ahli kesehatan menyarankan Wanita hamil hanya diperbolehkan menerima asupan kafein sebanyak 200 mili gram saja. Berikut info tentang manfaat dan bahaya minum kopi.

Manfaat Kopi
Dalam dunia kedokteran, kafein sering digunakan sebagai perangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi urin. Dalam dosis yang rendah kafein dapat berfungsi sebagai bahan pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit. Dimana kafein itu tidak memperlambat gerak sel-sel tubuh, melainkan kafein akan membalikkan semua kerja adenosin sehingga tubuh tidak lagi mengantuk, tetapi muncul perasaan segar, sedikit gembira, mata terbuka lebar, jantung berdetak lebih kencang, tekanan darah naik, otot-otot berkontraksi dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang akan membentuk energi ekstra.
Itulah sebabnya berbagai jenis minuman pembangkit stamina umumnya mengandung kafein sebagai bahan utamanya.

Bahaya Kopi
Selain manfaatnya untuk kesehatan ternyata kopi juga memiliki kerugian.
  • Salah satunya adalah efek ketergantungan.
  • Minum kopi ternyata dapat meningkatkan resiko terkena stroke. Menurut halosehat.com bahwa minum lebih dari 5 gelas kopi perhari akan menyebabkan menurunnya pasokan oksigen dalam aliran darah menuju otak sehungga dapat meningkatkan gejala  pada orang yang mempunyai potensi setroke. 
  • Kafein juga dapat menyebabkan insomnia, mudah gugup, sakit kepala, merasa tegang dan cepat marah. 
  • Pada wanita hamil juga disarankan tidak mengkonsumsi kopi dan makanan yang mengandung kafein. Hal ini karena kafein dapat meningkatkan denyut jantung. Pada janin dapat menyerang plasenta dan masuk dalam sirkulasi darah janin. Dampak terburuknya, bisa menyebabkan keguguran.

10 Fakta Tentang Kopi
Berikut ada 10 fakta tentang minuman kopi

1. Kafein bisa membunuhmu
Terutama jika kamu sangat manikak kopi, yakni menenggak kopi 80-100 cangkir sehari. Jadi jangan coba-coba ya.

2. Kopi bisa juga baik buatmu
Studi membuktikan bahwa kita bisa mendapatkan antioksidan dari kopi, cukup satu atau dua cangkir kopi sehari, sudah bermanfaat. Jika tidak suka kopi, bisa coba teh hitam.

3. kafein bisa meningkatkan gairah seks perempuan
Ini baru terbukti pada tikus percobaan. Menurut ilmuwan, pada manusia kopi dapat meningkatkan pengalaman seksual namun hanya pada mereka yang tidak maniak kopi.

4. Kafein bisa mengurangi rasa sakit
Dosis sedang kopi, setara dengan dua cangkir kopi, mampu meredakan rasa sakit di otot setelah olah raga, demikian menurut sebuah studi kecil. Tapi lagi-lagi ini hanya berlaku buat mereka yang bukan pecandu kopi.

5. Kafein bisa bikin kita begadang
Buat yang ingin melek semalaman akan terbantu dengan kopi. Yang tidak, sebaiknya meminum kopi enam jam sebelum jam tidur agar tidak terganggu jam istirahatnya.

6. Kopi yang dekafein pun mengandung kafein
Walaupun istilahnya dekafein, alias bebas kafein, tetap saja kopi tersebut mengandung kafein. Kalau kita minum 10 cangkir kopi dekafein, sama saja dengan minum satu-dua cangkir kopi kafein.

7. kopi dekafein menggunakan bahan kimia
Untuk mengurangi kadar kafein pada kopi dekafein, digunakan bahan kimia bernama methylene chloride.

8. Kafein itu bukan bagian yang berasa pahit
Banyak orang mengira, makin pahit rasa kopi, makin banyak kandungan kafeinnya. Tidak, sebab kafein bukanlah komponen yang rasanya pahit.

9. Kopi yang bagus tergantung pada pembakaran dan peracikannya
Jika ingin kopi bercitarasa nikmat, maka yang paling menentukan adalah proses pembakaran dan racikannya. Selama pembakaran, minyak yang tersimpan dalam biji kopi akan keluar. Makin banyak minyak ini keluar, makin kuat rasa kopinya. Munculnya kandungan kafein tergantung pada lamanya air berada di bagian dasar. Pembakaran yang makin lama juga menghasilkan kafein makin banyak.

10. Kopi ditemukan oleh kambing
Satu milenium silam, di pegunungan Afrika, sekawanan kambing terjaga semalaman setelah makan biji kopi merah. Sang penggembala memeriksa kenapa itu terjadi dan menemukan bahwa penyebabnya adalah kopi. Sejak itu manusia mulai ikutan minum kopi.

Sudah tau kan manfaat dan bahaya kopi?? Jadi peringatkan orang-orang terkasih agar mengkonsumsi kopi dalam batas wajar agar tidak berdampak buruk.
Sedikit manfaat dan bahaya kopi, juga 10 fakta tentang kopi.

Jangan lupa like and share ya, karena itu merupakan pelukan hangat dan penambah semangat  bagi kami.

Semoga bermanfaat…!!!


Dikutip dari berbagai sumber


Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Kenali Manfaat Dan Bahaya Kopi"

Unknown mengatakan...

Ah tetp weh nu di baca mah manfaatna moal akibat burukna. Hahaha😁

Unknown mengatakan...

Ah tetp weh nu di baca mah manfaatna moal akibat burukna. Hahaha😁

MR. DERRAU mengatakan...

Like hlaman FBna paketu