Contoh Proposal Bantuan Buku Taman Baca/ Perpustakaan


Contoh Proposal Bantuan Buku

Contoh Proposal Bantuan Buku Taman Baca/ Perpustakaan ciloa library center

fkmmc.blogspot.com - Taman baca/ perpustakaan keberadaanya sangat membantu untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM). Apalagi untuk negara berkembang seperti Indonesia, keberadaan taman baca / perpus yang nyaman dan lengkap sangat dibutuhkan agar bisa merangsang minat baca semua kalangan. Tetapi kadang taman baca/ perpus kita tidak memiliki koleksi yang lengkap dan masih bingung bagaimana cara menanmbah koleksi buku untuk taman baca atau perpus secara cuma-cuma sehingga peran taman baca/ perpus menjadi tidak optimal. Salah satu cara yang bisa dilakukan dalah merogoh kocek sendiri. Tapi bisa dibayangkan berapa banyak yang harus dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan oprasional dan penambahan koleksi taman baca/ perpus jika harus ditanggung sendiri/ segelintir orang?

Mengajukan permohonan bantuan kepada pihak terkait mungkin bisa menjadi alternatif untuk menghemat budget kita. Pengajuan permohonan bisa kepada siapa saja, perorangan atau intansi pemerintah dan perusahaan penerbit yang berkenan membantu.

Pada postingan kali ini berisi contoh proposal permohonan bantuan pengadaan buku yang bisa diajukan ke Perpus Nasional, Perpus Daerah ataupun ke perusahaan penerbit. Bahkan sekarang banyak penerbit yang konsen terhadap perkembangan pendidikan di Negeri kita, sehingga bisa dimanfaatkan oleh rekan-rekan pejuang literasi untuk mendapat bantuan buku secara geratis

Berikut Contoh Proposal Pengajuan Permohonan Bantuan Buku dan Fasilitas Pendukungnya

Nomor                  : B.001/TBMCLC/IX/2017
Lampiran             : Satu Berkas
Perihal                  : Pengajuan Buku dan Sarana Taman Baca Ciloa Library Center

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Donatur
Di Tempat

Assalamua’laikum
Berkat rahmat allah S.W.T atas Nikmat yang telah diberikan-Nya baik sehat jasmani maupun rohani sehingga kita bisa menjalankan aktivitas sehari-hari, oleh karena itu kita wajib bersuykur kepada-Nya.

Bersama ini kami Pemuda/i Kp. Pasirjaya RT.003/ RW.004 yang tergabung dalam Forum Komunikasi Muda Mudi Ciloa (FKMMC) ingin mengajukan permohonan bantuan dana pengadaan Buku dan Sarana Taman Bacaan Ciloa Library Center.


Adapun dana yang di butuhkan untuk Pengadaan Buku dan Sarana Taman Baca Rp. 22.933.000 (Terbilang : Dua Puluh Dua Juta Sembilan Ratus Tiga Puluh Tiga Ribu Rupiah). Dengan rincian biaya kami lampirkan bersama proposal terlampir.

Dengan segala kerendahan hati, semoga Bapak/Ibu berkenan memberikan bantuan yang sangat kami harapkan. Sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terimakasih.

Wa’alaikumsalam,

Tasikmalaya, September 2017

Kepala Ciloa Library Center



Mamat Rohimat
Staff Administrasi



Abdul Azis Kamiludin

Mengetahui:
Ketua RT 003



Abun Rasyid

Menyetujui:
Ketua FKMMC



Ade Tufik


A.   PENDAHULUAN

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam yang dengan karunia-Nya turunlah segala kebaikan, dengan rahmat-Nya sempurnalah segala kebaikan dan hanya dengan taufik-Nya tercapailah segala kebaikan.  

Sholawat serta salam tercurah kepada Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wa Salam. Beliaulah pembawa kabar gembira bagi hamba yang beriman dan pemberi peringatan bagi mereka yang durhaka.  

Dalam rangka ikut serta meningkatkan minat baca dan kualitas pengetahuan masyarakat di lingkungan kami Kampung Pasirjaya RT 003/ RW 004 Desa Cikadu, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, baik fisik maupun mental, maka kami Pemuda/I yang tergabung organisasi kepemudaan Forum Komunikasi Muda Mudi Ciloa (FKMMC) bermaksud mendirikan sebuah taman bacaan sederhana di lingkungan kami yang akan kami kembangkan secara mandiri.

Mengingat keterbatasan kami dalam menanggung beban dana penyedian buku-buku serta operasional, maka bersama ini dengan hormat kami mengajukan permohonan bantuan kepada Bapak/Ibu/Sdr/i berupa pengadaan buku, uang tunai maupun sarana pendukung berdirinya taman baca ini.

A.   LATAR BELAKANG

Kampung Pasirjaya merupakan sebuah kampung di sebelah utara kota Tasikmalaya. Tepatnya masuk dalam wilayah administrasi Desa Cikadu, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya. Berawal dari keprihatinan melihat anak – anak kecil dilingkungan sekitar kami yang nyaris tidak pernah membaca buku diluar buku sekolah, maka kami berinisiatif untuk mengumpulkan buku bacaan anak – anak dan remaja yang kemudian kami sajikan secara sederhana kepada anak –anak dan remaja yang kami maksudkan tersebut. Keprihatinan juga muncul ketika melihat kenyataan bahwa sebagian besar orang tua disini adalah buruh tani yang asing dengan dunia pendidikan dan berpenghasilan di bawah pendapatan nasional rata-rata. Serta masih banyaknya anak-anak usia sekolah yang tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi di lingkungan kami. Berorientasi terhadap keadaan sosial masyarakat Kampung Pasirjaya yang jarang berpendidikan tinggi dan pola pikir masyarakat yang tidak menganggap penting pengetahuan, maupun masih banyaknya warga yang tidak mampu menyekolahkan sampai ke jenjang lebih tinggi, maka kami menganggap perlu menyajikan menu baru untuk menggugah dan mendekatkan masyarakat dengan jendela ilmu berupa buku. Masyarakat perlu diperhatikan dalam hal pengayaan ilmu pengetahuan karena dengan pengetahuan setidaknya masyarakat akan mengerti dan memahami hal – hal yang selama ini mereka abaikan dan anggap tidak penting menjadi sesuatu yang bisa bermanfaat untuk memperbaiki taraf hidup mereka.  

Dengan berdasarkan keberadaan taman baca mandiri ini kami berharap bisa memberi warna baru dan tambahan pengetahuan di lingkungan masyarakat desa kami yang masih banyak membutuhkan pembinaan disegala bidang. Terutama pada anak – anak dan remaja yang lebih senang bermain HP dari pada membaca, sehingga dengan keberadaan taman baca ini bisa memberikan nuansa baru dan berwisata pengetahuan lebih jauh dan bermutu melalui buku. 

Melalui pembudayaan baca, masyarakat akan meningkat pengetahuannya, meningkat kesehatannya, meningkat tatanan ekonominya yang mana peningkatan tersebut akan mengurangi pengangguran dan kemiskinan.Dengan membaca pula seseorang akan terbentuk kepribadiannya menjadi lebih baik. Kepribadian adalah pola menyeluruh semua kemampuan, perbuatan serta kebiasaan seseorang, baik yang jasmani, mental, rohani, emosional maupun sosial. Semua ini telah ditatanya dalam caranya yang khas, di bawah beraneka pengaruh dari luar. Pola ini terwujud dari tingkah lakunya dalam usahanya menjadi manusia sebagaimana dikehendakinya. 

Mendidik kepribadian dapat dilakukan melalui buku. Dengan membaca buku seseorang akan memiliki ilmu dan pengetahuan yang luas, dari situ ia dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk sehingga akan terbentuk pribadi yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Minat dan kebutuhan masyarakat untuk gemar membaca memerlukan perhatian serius dari segala lapisan masyarakat, pemerintah, aktor pendidikan dan dari pihak yang sadar dan peduli akan arti pentingnya membaca bukan hanya sebagai hobi, tetapi juga pemutus rantai kemiskinan, kebodohan dan ketidakpedulian sosial.

B.    VISI MISI TAMAN BACA CILOA LIBRARY CENTER

Visi
”Memberi fasilitas baca yang lengkap, nyaman dan berkualitas untuk meningkatkan minat baca anak-anak dalam rangka peningkatan mutu dan Sumber Daya Manusia yang cakap”


Misi
1.    Meningkatkan mutu pendidikan anak-anak
2.    Menambah wawasan dan pengetahuan anak-anak
3.    Membangun budaya baca dikalangan masyarakat khusunya anak-anak
4.    Menyediakan ruang baca yang nyaman
5.    Menyediakan bahan baca yang lengkap

C.    TUJUAN

Dengan adanya penambahan koleksi buku dan sarana taman baca Ciloa Library Center diharapkan:

1.    Untuk meningkatkan minat dan semangat membaca di dalam diri masyarakat di KP. Pasirjaya RT 003/ RW 004 Ds. Cikadu, Kec. Cisayong, Kab. Tasikmalaya.
2.    Meningkatkan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia (SDM) dengan cara meningkatkan kulaitas dan kompetensi masyrakat KP. Pasirjaya RT 003/ RW 004 Ds. Cikadu, Kec. Cisayong, Kab. Tasikmalaya  melalui bacaan yang tepat dan berkulitas.
3.    Memaksimalkan fungsi dan tujuan perpustakaan dalam upaya mendukung suksesnya visi-misi Taman Baca Ciloa Library Center melalui program-program perpustakaan.
4.    Terlaksananya program kerja Taman Baca di dalam pengadaan koleksi.

D.   TENTANG TAMAN BACA CILOA LIBRARY CENTER

Sejarah berdirinya Taman Baca Ciloa Library Center dimulai sejak bulan April tahun 2017 pengurus organisasi kepemudaan Forum Komunikasi Muda Mudi Ciloa (FKMMC) periode 2015/2017 merasa prihatin dengan keadaan masyakat yang sebagian besar mempunyai minat yang minim terhadap membaca dan ilmu pengetahuan. Berangkat dari alas an tersebut maka ketua Pemuda/i FKMMC berkoordinasi dengan pimpinan setempat beserta tokoh masyarakat menggagas berdirinya taman bacaan yang kemudian bernama Taman Baca Ciloa Library Center.  

Taman bacaan ini semenjak awal berdirinya belum memiliki gedung khusus, akan tetapi  taman bacaan ini hanya menempati ruang gudang Masjid Al-Muchtar yang memang pada saat itu tidak dipergunakan. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan karena pada saat itu koleksi yang dimiliki perpustakaan ini masih sedikit. Dimasa mendatang tentunya kami berharap bisa membangun sebuah ruang sederhana di lingkungan kami sebagai tempat taman baca agar lebih layak dan nyaman bagi pengunjung.

1.   Struktur Organisasi Perpustakaan
Pelindung                                     : Ketua RT 003
  Dewan Pakar FKMMC
Penangungjawab                      : ketua FKMMC
Kepala Ciloa Library Center    : Mamat Rohimat
Staff Administrasi                      : Abdul Azis Kamiludin
Staff Sirkulasi                               : Tufik Ibrahim
Staff Pengadaan Buku             : Hasan Santosa
Staff Humas                                 : Heri Lesmana
2.    Macam Layanan
-  Sirkulasi (Peminjaman dan pengembalian Koleksi)
-  Referensi
-  Serial (SKH dan Majalah)
-  Bebas Pustaka
-  Layanan Belajar-Mengajar
3.    Macam Koleksi
-  Buku
-  Majalah
4.    Fasilitas
-  2 rak buku
-  1 rak majalah
-  1 unit meja sirkulasi
-  1 buah rak display

E.    ALAMAT TAMAN BACA CILOA LIBRARY CENTER

Taman Baca Ciloa Library Center – Kp. Pasirjaya RT 003/ RW 004 Ds. Cikadu, Kec. Cisayong, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

Hp                                         : 083827426718/ 081221385006
Email                                    : ciloalibrarycenter@gmail.com
Website                                 : ciloalibrary.blogspot.com
Instagram                             : @clc_library
Fan Page Facebook              : Ciloa Library Center

F.    SASARAN

Sasaran pengguna fasilitas umum gratis ini adalah semua warga masyarakat Kampung Pasirjaya RT 003/ RW 004 khususnya dan warga masyarakat desa Pandansari pada umumnya serta warga Negara Indonesia dalam cakupan lebih luas. Baik dari usia anak-anak, remaja dan dewasa atau orang tua.


G.   PERMOHONAN BANTUAN

Melihat Penjelasan di atas, tentu tidak hanya rasa prihatin saja yang dibutuhkan, tetapi haruslah dijawab dengan langkah yang nyata untuk mewujudkan masyarakat yang gemar membaca.  

Hingga saat ini koleksi buku yang kami miliki masih jauh dari harapan. Buku-buku tersebutberasal dari donatur yang mendapat informasi dari mulut ke mulut maupun dari koleksi pribadi. Namun saat ini kami masih mempunyai beberapa masalah, diantaranya masalah keuangan pengadaan rak-rak buku serta kurangnya bahan koleksi buku. Sehingga melalui proposal ini kami mohon bantuan dana atau koleksi buku, majalah, komik edukatif, CD pembelajaran, atau yang lain lain yang sifatnya mendidik bagi masyarakat umum untuk membantu demi terwujudnya taman baca tersebut.

Adapun koleksi buku yang kami perlukan, baik buku baru maupun bekasyang masih layak baca antara lain :

1.    Buku referensi sekolah dan pendukung pendidikan
2.    Buku dongeng dan cerita bergambar
3.    Novel remaja, teenlit maupun dewasa
4.    Buku pengetahuan umum
5.    Buku pertanian
6.    Buku perkebunan
7.    Buku Peternakan
8.    Buku Perikanan
9.    Buku Pertukangan
10. Buku Kerajinan dan Keterampilan
11. Buku kewirausahaan
12. Buku resep makanan
13. Buku teknologi tepat guna
14. Buku komputer dan internet
15. Buku agama
16. Buku kesehatan
17. Majalah dan tabloid
18. Dan buku-buku atau bacaan yang bermanfaat lainnya.

Adapun perlengkapan dan sarana pendukung yang kami butuhkan antara lain :

1.    Rak buku
2.    Meja
3.    Kursi
4.    Karpet
5.    Papan tulis whiteboard
6.    Seperangkat computer/laptop dan printer
7.    Router sebagai sarana koneksi internet wifi

Selain bantuan berupa buku dan sarana penunjang, kami juga menerima donasi berupa uang tunai. Adapun nantinya uang tunai tersebut juga akan digunakan untuk membeli buku dan sarana kegiatan taman baca.


H.   PROGRAM KEGIATAN
 
Keberadaan Taman Baca ini di harapkan menjadi sarana/media edukatif bagi anak-anak maupun orang tua dalam mengembangkan diri. Untuk itu dalam jangka pendek, menengah maupun panjang kami tidak hanya merencanakan taman baca ini untuk kegiatan membaca, tetapi kami juga merencanakan beberapa program kegiatan antara lain :
 
1.   Kegiatan belajar mengajar tambahan bagi siswa SD, SMP, SMA yang pengajarnya berasal dari sukarelawan yang memiliki pendidikan lebih tinggi seperti para mahasiswa
2.    Lomba menggambar dan mewarnai tingkat PAUD, TK maupun SD
3.    Lomba menulis karangan baik prosa maupun puisi bagi siswa SMP dan SMA
4.    Kegiatan belajar komputer dan internet bagi orang tua
5.    Kegiatan belajar tentang teknik-teknik pertanian dan peternakan oleh orang yang ahli di bidangnya
6.    Dan tentunya masih banyak lagi program-program yang kami rencanakan kedepan demi terwujidnya suatu masyarakat yang madani di lingkungan kami.

I.      PENGATURAN OPERASIONAL TAMAN BACA

Untuk mekanisme pengelolan taman baca akan buka setiap hari pada pukul 13:00 sampai 21.00 WIB. Khusus untuk hari minggu/libur nasional akan buka mulai pukul 07.00 sampai 21.00 WIB. Mengingat untuk saat ini pengurus memiliki aktivitas lain, yaitu bekerja.


J.     PENUTUP

Demikian proposal ini kami buat dengan sebenar-benarnya, semoga bisa dijadikan pertimbangan bagi pihak-pihak terkait. Semoga amal jariah donatur mendapat balasan dari  Allah Subhanahu Wa Ta’ala baik di dunia maupun di akhirat. Allahuma Aamiin. 

Atas doa, donasi, sumbangan, bantuan baik materil maupun immaterial kami sampaikan terima kasih.

Tasikmalaya, September 2017
Kepala Ciloa Library Center



Mamat Rohimat
Staff Administrasi



Abdul Azis Kamiludin

Mengetahui:
Ketua RT 003



Abun Rasyid

Menyetujui:
Ketua FKMMC



Ade Tufik




Lampiran 1:
RENCANA ANGGARAN BIAYA
PENGADAAN BUKU DAN SARANA PENDUKUNG TAMAN BACA CILOA LIBRARY CENTER
KP. PASIRJAYA RT 003/ RW 004 DS. CIKADU KEC.CISAYONG KAB. TASUKMALAYA

A.   Rencana Anggaran Pengeluaran
1.    Kesekretariatan
No
Perkiraan
Satuan
Biaya
Jumlah
1
Print Proposal
200 Lembar
RP.          500
Rp.  100.000
2
Fotocopi Lampiran Proposal
100 Lembar
Rp.          100
Rp.    10.000
3
Jilid Proposal
10 Lembar
Rp.       5.000
Rp.    50.000
4
Stempel Pengadaan Perpustakaan
2 Unit
Rp.  100.000
RP.  200.000
5
Stempel Pengelolaan Perpustakaan
2 Unit
Rp.  100.000
Rp.  200.000
6
Kertas A4 Mirage
3 Eksemplar
Rp.     36.000
Rp.    72.000
7
Amplop Paperline
1 Eksemplar
Rp.     30.000
Rp.    30.000
Sub Total
RP. 662.000

2.    Penataan Tata Ruang Taman Baca Ciloa Library Center
No
Perkiraan
Satuan
Biaya
Jumlah
1
Rak Buku Kecil
3 Unit
Rp.     500.000
Rp.    1.500.000
2
Rak Buku Besar
2 Unit
Rp. 1.000.000
Rp.    2.000.000
3
Asus Vivobook Max X411SA
2 Unit
Rp. 3.298.000
Rp.    6.596.000
4
Printer DeskJet GT5810 All-In-One Printer
1 Unit
Rp. 1.825.000
Rp.    1.825.000
5
INFOCUS Projector IN224 (Merchant)
1 Unit
Rp. 4.550.000
Rp.    4.550.000
6
Router Wifi
1 Unit
Rp      500.000
Rp        500.000
7
Whiteboard
1 Unit
Rp.     200.000
Rp.       200.000
8
Alas/ Karpet
10 Meter
Rp.     100.000
Rp.    1.000.000
9
Meja Baca
2 Unit
Rp.     500.000
Rp.    1.000.000
10
Kursi
10 Unit
Rp.        50.000
Rp.       500.000
11
Hiasan Perpustakaan
10 Unit
Rp.        50.000
Rp.       500.000
Sub Total
Rp. 20.171.000
3.    Sosialisasi Taman Baca Ciloa Library Center
No
Perkiraan
Satuan
Biaya
Jumlah
1
Papan Nama
1 Unit
Rp.     500.000
Rp.    500.000
2
Banner
1 Unit
Rp.     500.000
Rp.    500.000
3
Pamplet
100 Lembar
Rp.          1.000
Rp.    100.000
Sub Total
Rp. 1.100.000

Rekapitulisasi Rencana Pengeluaran
-  Kesekretariatan                                      Rp.       662.000
-  Penataan Tata Ruang Taman Baca   Rp. 20.171.000
-  Sosialisasi Taman Baca                         Rp.    1.100.000  +
Total Rencana Pengeluaran                  Rp. 22.933.000
Terbilang : Dua Puluh Dua Juta Sembilan Ratus Tiga Puluh Tiga Ribu Rupiah

B.    Rencana Anggaran Pemasukan
-  Kas RT 003                                                  Rp.    1.000.000
-  Kas FKMMC                                              Rp.    2.500.000
-  Donasi                                                         Rp.  20.433.000  +
Total Rencana Pemasukan                    Rp. 22.933.000
Terbilang : Dua Puluh Dua Juta Sembilan Ratus Tiga Puluh Tiga Ribu Rupiah
Tasikmalaya, September 2017

Kepala Ciloa Library Center



Mamat Rohimat
Staff Administrasi



Abdul Azis Kamiludin

Mengetahui:
Ketua RT 003



Abun Rasyid

Menyetujui:
Ketua FKMMC



Ade Tufik

Demikian contoh proposal bantuan pengadaan buku dan fasilitas pendukungnya untuk taman bacaan atau perpustakaan. Semoga bermanfaat dan bisa membantu untuk rekan-rekan pejuang pendidkan Indonesia.

Selamat mencoba..!!!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Proposal Bantuan Buku Taman Baca/ Perpustakaan"